Sabtu, 01 Mei 2010

Tahap perkembangan Bayi Usia Bulan 6 - 9

Tahap Perkembangan Bayi Usia Bulan 6 – 9

Terdapat dua perbedaan yang sangat jelas pada kepribadian bayi di usia 6 sampai 9 bulan ini. Di satu sisi, dia adalah seorang petualang yang dilengkapi dengan ketrampilan yang dibutuhkannnya untuk menyelidiki lingkungannya. Di sisi lain, dia merupakan jiwa pemalu yang masih lengket pada orang-orang yang dikenalnya dan disayanginya, dan seringkali masih malu-malu bila bertemu orang asing.
Dengan ingatan yang semakin kuat, dia mulai mengetahui perbedaan antara hal-hal yang dikenalnya dan aman, dengan hal-hal yang baru dan belum pernah dicobanya. Anda dapat melihat bagaimana cepatnya ingatannya berkembang dengan melihat reaksinya terhadap mainan yang dijatuhkannya. Sampai saat ini dia akan melupakannya dan berpindah melakukan hal lain. Pada usia 9 bulan, dia akan mencari ke mana mainannya pergi.

Mulai berpindah tempat
Di bulan keenam bayi Anda akan memasukkan tangan dan kakinya ke mulutnya. Dia telah mengetahui bahwa dia dapat mengontrol badannya
Di bulan ketujuh dia mungkin sudah dapat duduk tanpa bantuan, menggunakan lengannya untuk keseimbangan
Di bulan kedelapan dan kesembilan dia dapat duduk dan bermain dengan mainan, tapi mungkin kehilangan keseimbangan bila dia berputar
Di bulan ketujuh sampai kesembilan, dia mungkin sudah mulai merangkak dengan benar. Pada mulanya lengannya cenderung lebih banyak bekerja karena mereka lebih kuat dibandingkan dengan kakinya, sehingga dia mungkin bergerak mundur atau melingkar. Dia mungkin juga berpindah dengan menggerak-gerakkan pantatnya.
Menggunakan tangan-tangan kecil
Di bulan ketujuh sampai kesembilan, bayi Anda akhirnya akan menguasai seni mencapit benda di antara jempol dan jari telunjuknya
Di usia delapan bulan, dia mungkin mulai menunjukkan bahwa dia lebih menyukai menggunakan tangan kanan atau kirinya
Di usia sembilan bulan dia dapat memegang gelasnya dengan kedua tangan dan mungkin berusaha untuk menggenggam sendok makan.
Tanya Jawab
T: Apakah bayi saya bermimpi?
J: Ya. Seperti orang dewasa, bayi mengalami tidur dengan REM (rapid eye movement), yang hanya terjadi ketika seseorang bermimpi. Di usia enam bulan, 50 persen dari waktu tidur bayi Anda merupakan waktu tidur dengan REM. Orang dewasa tidur dengan REM di 20% dari total waktu tidurnya.

T: Dapatkah bayi saya mengenali namanya?
J: Bayi Anda akan mengenali namanya sejak delapan atau sembilan bulan dan nama ini mungkin termasuk dalam kata-kata pertamanya.

Tahukah Anda?
Hasil uji inteligensia bayi antara 3 dan 12 bulan hanya sedikit hubungannya dengan hasil uji tersebut pada usia lima tahun. Pusat perawatan bayi Anda akan melakukan pemeriksaan rutin pada bayi sampai usianya satu tahun, tapi kegiatan ini hampir tidak menunjukkan apapun mengenai kecerdasannya karena hanya terbatas pada ketrampilan praktis dan kemampuan dasarnya dalam memberi respon.

Betapa menakjubkan!
Para psikolog menemukan cara untuk mengukur perubahan singkat dalam ekspresi bayi. Mereka menemukan bahwa bayi mulai menunjukkan emosi tertentu pada usia tertentu pula:

Rasa takut dan marah antara lima dan tujuh bulan.
Rasa malu antara enam dan delapan bulan.

By www.huggies.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar